Thursday, July 14, 2016

Belajar Beatbox Tingkat Dasar ( Beginner )


Seiring berjalannya waktu semakin banyak saja orang yang ingin belajar tentang Beatbox, baik itu dari luar negri ataupun dari dalam negri.

Banyak yang bilang kalau belajar Beatbox itu sangatlah sulit, sebenarnya tidak sulit kalau kita mempunyai niat dan tekad yang besar untuk mempelajarinya.

Nah pada artikel saya kali ini akan mengajarkan anda tentang Belajar Beatbox Tingkat Dasar.

Baca Juga ( Belajar Beatbox Tingkat Menengah )

Okeh tidak usah banyak kata lagi, langsung saja kita menuju ke tahap pembelajaraan. Bacalah dari awal sampai akhir dan simaklah dengan baik.

Dasar Beatbox

Sebenarnya hanya ada 3 suara pada umumnya yaitu ( B T K ) Apa itu BTK? BTK adalah singkatan yang di pakai Beatboxer untuk menamai Snare dari teknik dasar itu sendiri, Arti dari B - T dan K adalah.

- B ( Kick Drum/Bass Drum )
- T ( Hi Hat )
- K ( Snare )

Maksudnya bagaimana? Apakah dengan kita membaca B - T dan K itu sudah dianggap bisa Beatbox? Tentu saja tidak!!! Kenapa? Karena Dari ke-3 teknik tersebut ada cara pengucapannya masing - masing, disini saya akan coba ajarkan cara pengucapannya dari B - T lalu K.

  • B ( Kick Drum/ Bass Drum ) 
Cara mengucapkannya dengan cara tutup dulu rapat - rapat lalu ucapkanlah kata " BU " atau kata " BUF " dengan posisi nafas tertahan. Anda bisa mengucapkan kata " BU " dengan mudah, namun untuk mengucapkan kata " BUF " itu jauh lebih sulit di bandingkan dengan mengucapkan kata " BU " kenpa? Karena anda harus mengucapkannya dengan kata tambahan yaitu " U " dan mengucapkan kata tersebut dengan suara yang tidak jelas atau samar - samar. Jadi suara dari kata " U " tersebut tidak begitu terdengar, yang terdengar hanyalah " B (U) F " yang terpenting adalah suara Bassnya terdengar.

Terus berlatih samapai anda bisa mendengar suara Bass pada teknik ini. jadi jangan hanya berpacu pada suara " BU " ataupun " BUF " namun anda harus mencari suara Bass dari teknik tersebut.


  • T ( Hi Hat )
Cara mengucapkannya anda harus membunyikan kata " TCI " atau " TCHI " jika sudah, sekarang anda baca dan katakan ini berulang - ulang " TCHI - TCHI - TCHI - TCHI " kalau sudah, anda hanya tinggal melancarkannya, sampai anda benar - benar lancar dalam melakukan teknik yang satu ini.


  • K ( Snare ) 
Ini adalah teknik dasar yang lumayan sulit di bandingkan dengan teknik - teknik dasar sebelumnya. Kenapa? Karena anda harus mengucapkan " K " dengan tarikan nafas, layaknya orang yang sedang sakit gigi. Bingung? Jika yah, maka saya akan coba memperjelaskannya kembali dengan sejelas - jelasnya.

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah dengan mengucapkan kata " K " seperti biasa, tahap selanjutnya anda harus ucapkan kata " KIH ". Jika sudah bisa, anda hanya tinggal mehirup udara layaknya orang yang sedang sakit gigi, jika masih bingung juga? Bayangkan saja gigi geraham anda sekarang sedang sakit, biasanya orang yang sedang sakit gigi akan menghirup udara dari mulut, kemudian udara itu akan masuk melewati sela - sela gigi. Sampai disini anda sudah pahamkan? Kalau sudah paham sekarang anda ucapkan kata " KIH " sambil menghirup udara dari mulut dan lewatkan udara tersebut masuk dari sela - sela gigi anda.


Nah anda sekarang sudah memiliki 3 suara pada dasar Beatbox, yang bisa anda gunakan untuk membuat Beat - beat yang keren dan unik. 

Sekarang anda coba baca dan ucapkan kata yang saya sudah buatkan ini.

B T T B K T T B T T B T K 

Anda coba ulangi dan ucapkan secara perlahan dulu dan anda perlu mengingat - ingat urutannya dengan baik. 

Jika anda sudah hafal dan mahir memainkannya, coba anda taikan Ritmenya dan lakukanlah berulang - ulang sampai anda benar - benar menguasai dan mahir dalam pattren ini, jika sudah lancar maka anda bisa membuat kreatif pattren - pattren sendiri dari teknik dasar ini.

Jika ingin lebih jelasnya anda bisa cari tutorialnya di chanel - chanel youtube.

Sekian artikel saya ini, dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment