Wednesday, July 13, 2016

Apa Itu Beatbox?

Pertanyaan dasar yang harus di jawab sa'at pertama kali mengenal beatbox adalah, apa itu beatbox? Dari mana asalnya? Untuk apa? Dan seperti apa rupanya?

Tentu sangatlah naif rasanya jika menganggap semua orang telah tahu tentang ini. Sayapun awalnya, harus mencari - cari kesana kesini tentang apa itu beatbox? Hingga akhirnya saya menetapkan pilihan untuk mengulitinya.

Baca Juga ( Belajar Beatbox Tingkat Dasar )


Apa Itu Beatbox?

Beatbox adalah salah satu seni yang dimana sangat fokus dalam menghasilkan bunyi - bunyi Ritmis, Drum, Instrumen Musik, ataupun tiruan bunyi - bunyian lainnya. Khususnya suara Turntable yang dimainkan dengan organ tubuh manusia seperti Mulut, Bibir, Lidah, Tenggorokan dan organ - organ tubuh lainnya. Orang yang bermain Beatbox atau sering di kenal dengan sebutan Beatboxer, sangatlah mahir dalam merekomendasikan segala bunyi - bunyian. Beatbox selalu dikaitkan dengan Vokal Perkusi ataupun Multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terlihat pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip - Hop. Meskipun demikian, perakitan Beatbox juga di terapkan unruk genre musik lainnya seperti Rock, Pop, R&B, dan lain - lain sebagainya.

Sejarah Beatbox


Imitasi suara sudah banyak dikenal oleh Masyarakat pada jaman dahulu, meskipun tidak ada hubungannya langsung dengan budaya Hip - Hop. Seni - seni vokal perkusi seperti Bol asal India dan Kouji asal China, ataupun vokal perkusi asal Afrika, turut menjadi landasan dalam Beatboxing. Di indonesia sendiri terdapat Tari Kecak yang dimana musik latarnya merupakan panduan dari bunyi - bunyi kosakata tertentu layaknya Beatbox.

Era Hip - Hop 

Beatbox dikenal dalam dunia Hip - Hop pada tahun 1980. Kata "Beatbox" secara hafiah mengacu pada sebuah Mesin Drum generasi pertama, oleh karena itu para Beatboxer pada era tersebut sering di juluki dengan sebutan "Human Beatbox".

Musisi kreatif Beatnox yang menjadi sangat populer di antaranya adalah Doug E. Fresh, Darren "Buffy" Robinson dari grub The Fatboys dan Leonardo "Wise" Roman dari Stetsasonic. Masing - masing musisi memperoleh ciri khas dan gaya yang berbeda - beda dan sangat menginspirasi generasi Beatbox berikutnya.

Selain menghasilkan suara ketukan Drum dan Ritme. Pada era ini musisi Biz Markie juga memperkenalkan teknik Mcing dan Menyanyi yang digunakan dengan suara perkusi.

Pada tahun 2015, kejuaraan Beatbox ke-4 diselenggarakan lagi oleh Beatbox Battle di Berline - Jerman. Finalis kejuaraan Beatbox ke-4 ini adalah Alem dari Francis, melawan Napom dari Amerika. Jura Beatbox Battle dunia ke-4 diraih oleh Alem dari Francis, dan Napom pada posisi RunerUp "Era Modern" pada dekade 1990, musisi Beatbox banyak sekali bermunculan dengan bakat Beatbox yang mahir dan juga berkontriduksi dalam penyebaraan Beatbox ke seluruh dunia.

Bratboxer yang cukup terbaik antara lain adalah Yaughan Josseph Poolpo, Alem, Reeps One, Skiller, Dharni, Napom, Kenny Urban, dan lain - lain. Perkembangan internet juga memberikan dampak positif bagi perkembangan Beatbox diseluruh dunia.

Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan Beatboxing Berline - Jerman. Kejuaraan ini diikuti oleh Beatboxer dari seluruh penjuru dunia seperti Tom Thum, dan Joel Tulner asal Australia, White Noise asal Irlandia, Rokoloops asal Belgia, Poizunus asal Canada, serta Faith SFX asal Inggris, kejuaraan diakhiri dengan penobatan Joe Tuner asal Australia, sebagai pemenang pertamanya. Sedangkan posisi Runner Up di berikan kepada Roxorloop asal Belgia.

Pada tahun 2009, kejuaraan Beatbox dunia ke-2 diselenggarakan oleh Bee Low ( Petinggi Beatbox Battle ) di Berlin - Jerman, di ikuti oleh banyak Beatboxer hebat dari seluruh penjuru dunia. Seperti Krnfx asal Canada, Dharni asal Singapur, Skiller asal Bulgaria, Vahtong asal Rusia, Zede asal Swiss. Pada penghujung Final Zede melawan Vahtong dan pada akhirnya kejuaraan Beatbox Battle dunia ke-2 di menangkan oleh Zede asal Swiss.

Pada 31 Maret 2012, kejuaraan Beatbox dunia ke-3 diselenggarakan kembali oleh Beatbox Battle dunia ke-3 ini adalah Sekiller asal Bulgaria melawan Alem asal Francis, juara Beatbox Battle dunia ke-3 diraih oleh Skiller asal Bulgaria, dan Alem asal Francis pada posisi Runner Up.

Itulah sedikit informasi tentang Apa Itu Beatbox, semoga bermanfaat bagi anda semua para pecinta Beatbox.

No comments:

Post a Comment